Ngaku Deh, Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Saat Melihat Orang Batuk


Ngaku Deh, Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Saat Melihat Orang Batuk

Sering merasa risih dan terganggu saat mendengar ada orang yang batuk-batuk di dekatmu?

Sebenarnya batuk merupakan mekanisme alami untuk mempertahankan saluran nafas dari gangguan dari luar, seperti lendir, debu, hingga asap. Normal sih, tapi ngaku deh, kalau melihat ada orang batuk kamu seringkali memikirkan hal-hal berikut ini.

Selain flu, batuk juga sering dialami oleh penderita alergi. Biasanya hal ini terjadi saat terkena paparan debu, asap, senyawa kimia, hingga serbuk sari yang dikenal dengan rinitis alergi. Jika orang terus-menerus batuk, tanpa dibarengi demam maupun gejala flu lainnya, bisa jadi ia menderita karena bahan alergen yang ada di sekitarnya.

Seringkali perubahan musim atau dikenal dengan pancaroba membuat kekebalan tubuh menurun dan memicu flu. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan pilek, demam, dan batuk kering maupun berdahak.

Kedua jenis batuk ini sama-sama mengganggu, misalnya batuk kering yang merasakan gatal di tenggorokan, maupun batuk berdahak yang terkadang membandel hingga 3 minggu lamanya.

Orang yang menderita asma juga terlihat mengalami batuk kering yang terus-menerus. Tapi biasanya, batuk ini akan memburuk pada malam hari, saat melakukan olahraga, berada di tempat berhawa dingin, atau ketika berada di sekitar pemicu alergi, seperti bulu binatang hingga serbuk sari bunga.

Untuk memastikannya, dokter akan memberikan tes pernafasan untuk mendiagnosa asma. Biasanya, untuk meringankan gejalanya, akan diberikan inhaler, antihistamin, atau suntikan alergi dan melihat apakah batuk berangsur reda.


No comments:

Powered by Blogger.