Pengamat: Tak Perlu Tanggapi Amien Rais, Seorang Kritikus Bukan Negarawan


Pengamat: Tak Perlu Tanggapi Amien Rais, Seorang Kritikus Bukan Negarawan

Sikap Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menanggapi keras kritik Amien Rais soal pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo, dinilai justru memberi panggung kepada Amien Rais.


"Sikap, reaksi Luhut terlalu keras sehingga malah membuat Amien Rais mendapatkan panggung dan mendapatkan simpati dari sebagian pihak," kata pengamat politik Yunarto Wijaya, di Senayan Jakarta, Rabu 21 Maret 2018.

Seharusnya, kata Yunarto, Luhut tak perlu terlalu menanggapi pernyataan Amien Rais. Karena sebagian besar masyarakat tahu karakter mantan Ketua PP Muhammadiyah itu yang kerap melontarkan kritik-kritik hiperbolik.

Setiap kritik yang dilontarkan Amien Rais kepada pemerintah, lanjut Yunarto, memiliki risiko politik dan itu ditanggung sendiri oleh Amien Rais. Ini juga berdampak pada PAN di mana saat berada pada posisi pemerintah, PAN juga harus mengklarifikasi setiap pernyataan Amien Rais.

"Itu menurut saya sudah jadi beban tersendiri buat PAN, dan menurut saya, tidak perlu ditanggapi karena itu akan jadi blunder tersendiri buat PAN dan Amien Rais sendiri, yang dianggap pada akhirnya seorang kritikus, bukan seorang negarawan yang mencari solusi. Ini pandangan saya pribadi," paparnya.

No comments:

Powered by Blogger.