Jokowi Blusukan ke Pasar Induk Lamongan


Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali blusukan ke pasar tradisional. Kali ini, Jokowi mengunjungi Pasar Induk Sidoharjo di Lamongan, Jawa Timur pada Senin siang.

Pantauan di lokasi, Jokowi tiba di pasar tersebut sekitar pukul 10.30 WIB. Ia tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Jokowi membuat heboh para pengunjung dan pedagang pasar. Sejumlah warga langsung berkerumun mendekati mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Kemudian, Jokowi menyusuri pasar dan beberapa kali menghampiri lapak pedagang. Mulai dari pedagang beras, bumbu dapur, hingga pedagang ikan.

Jokowi juga tampak memborong sejumlah barang. Di antaranya cabai, sawo, kacang tanah, dan wortel. Jokowi mengaku kunjungannya ke pasar kali ini sengaja untuk mengecek harga bahan pokok. Misalnya, kata dia, harga cabai ternyata turun.

"Biasa, kalau ke pasar itu yang paling penting ngecek harga-harga. Tadi saya melihat yang turun itu waktu saya ke Pasar Bogor cabai masih di atas Rp 30 ribu, ini tadi saya beli sudah Rp 17 ribu. Sebetulnya juga jangan terlalu tinggi dan terlalu rendah," kata Jokowi di Pasar Induk Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur.

Menurut Presiden, yang terpenting harga bahan pokok di pasaran bisa stabil. Sehingga baik masyarakat maupun pedagang saling diuntungkan dengan stabilnya harga

"Kalau rendah itu petani yang kasihan, kalau terlalu tinggi masyarakat yang kasihan. Inilah keseimbangan yang harus kita jaga supaya supply dan demand itu pada posisi yang baik, yang stabil, sehingga harganya tidak terlalu melonjak naik tapi juga tidak jatuh turun," terang Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku yakin harga kebutuhan bahan pokok khususnya di Jawa Timur akan tetap stabil hingga akhir tahun nanti.

"Ya dicek saja langsung ke pasar. Inflasinya di Jawa Timur 1,78 gimana mau naik. Stabilitas harga bisa dijaga di Jawa Timur ini. Secara nasional juga di bawah 3,5 inflasi artinya harga-harga itu terkendali," ucap Jokowi.

No comments:

Powered by Blogger.