Kartu Nikah Setipis ATM Diluncurkan, Apa Urgensinya?



kementrian agama (kemenag) telah meluncurkan kartu nikah,bentuk ny mirip kartu ATM ,tipis rinangan dan mudah d selipkan d domoet .

bedanya ada 2dua foto yang tertampang d sana wajah pasangan suami istri yang telah menikah, secara sah,bukan bawah tangan .d bawah kartu itu juga terdapat kode batang atau barcode ,yang jika pindai akn muncul  data lengkap peniliknya.

Data trersebut koneksinya dalam aplikasi online sistem informasi majeman nikah  (simkah)yang d resmikan bersamaan dengan karttu tersebut ,

lantas apakah nasib buku nikah?apakah tak akan berlaku ?
Mentri agama LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN .menegaskan ,kartu nikah bukan untuk menggatikan buku nikah .
buku nikah tetap ada karen aitu dalah dokumen resmi.

mantan wakil ketua MPR tersebut menjelaskan ,kartu nikah adalah implikasi logis d luncurkan sikmah , d dalamny berisi tambahan yang lebih memudah kan amasyarakat buila suatu saat perlu data2 pendudukan dan status perkawinana seseorang .

kontes d balik peluncuran kartu nikah adalah kemenag sangat serius membenahi peristiwa pernikahan kita sangat perihatin  terhadap angka kekerasan rumah tangga serta  terhadap perceraian  yang semakin tinggi.

sementara itu ,direktur bina KUA  dan keluarga sakianah kemenag mohsen menambah kan kartu nikah merrupakan upaya meningkatkan layanan pencatatan pernikahan ,
dalam  buku nikah kata nohsen terekam sejumlah data yang meliputi dalam dalam pasangan nikah .nomor akta nikah nomor perforasi buku nikah ,NIK ,dan tanggal buku akad nikah .
program ini tidak akan membebani karena itu gratis tegasnya.




No comments:

Powered by Blogger.